Peralatan Pengujian

 

Jenis Peralatan Fungsi  Foto
Wheel Diameter Dalam pengujian sarana perkeretaapian alat ini digunakan sebagai alat ukur diameter roda. Sebab roda selalu kontak dan bergesekan secara langsung dengan prasarananya, sehingga dapat menimbulkan keausan pada roda. Fungsi dari pengujian ini untuk memastikan apakah roda sudah aus ataukah masih layak digunakan.  
Wheel Tread Wear Measuring  Wheel Tread Wear Measuring merupakan alat yang digunakan dalam pengujian sarana perkeretaapian yang berfungsi untuk mengukur profil roda antara lain : tinggi flens roda, dan lebar flens roda  
Clamp Meter Clamp Meter merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk  melakukan pengukuran arus pada konduktor hidup tanpa memutuskan sirkuit. Ketika melakukan pengukuran arus dengan multimeter biasa, maka terlebih dahulu Anda harus memotong kabel lintasanya dan menghubungkan instrumen untuk rangkaian yang diuji. Namun hal ini tidak perlu Anda lakukan saat menggunakan clamp meter, karena alat ini disertai dengan indikator penjepit dan dapat mengukur arus dengan hanya menjepit pada konduktor. sehingga alat ini dapat mengukur arus besar tanpa perlu mematikan sirkuit yang sedang diuji.  
Handy Talky Handy talky adalah alat telekomunikasi dua arah yang serba guna, handy talkie ini menggunakan teknologi PTT atau Push To Talk, dimana pengguna handy talky mesti menekan tombol untuk berkomunikasi dengan lainnya. Didalam pengujian Sarana Perkeretaapian Handy Talky ini sangat Berfungsi Sekali Sebagai Media pemberitahuan dalam pengujian Dinamis maupun Statis.  
Emmision Analyzer Fungsi Emmision Analyzer dalam pengujian sarana perkeretaapian adalah untuk mengukur emisi gas buang dan analisa kadar Co terhadap sistem pembuangan asap kereta api (Lokomotif).  Dan alat ini dilengkapi dengan 6 sensor electrochemical dan 3 sensor IR.  
Sound Analyzer Meter Sound Analyzer merupakan Suatu perangkat alat uji yang digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan suara didalam kereta, Kebisingan suara mesin, dan untuk mengukur kuat suara klakson pada lokomotif. dalam pengujian untuk menganalisa suara dimana fungsinya hampir sama dengan produk sound level meter, namun pada sound analyzer ini selain bisa diintegrasikan bersama perangkat pengukur kebisingan lainnya, data yang ditampilkan dapat berupa data spektrum sehingga dapat menganalisa secara real time analyzer dan dapat melakukan sampling frekuensi.  
Vibrograph Accelerometer Alat uji Getaran merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur suatu nilai getar, dimana getaran yang terjadi akan dieksekusi dalam bentuk data dialat tersebut. Sehingga dapat diketahui jumlah data yang telah dicapai sampai objek yang di uji mencapai batas pengujian, guna untuk menentukan standarisasi yang diinginkan. di dalam pengujian sarana perkeretaapian alat ini digunakan untuk pengujian getaran pada kereta yang di tarik lokomotif, gerbong, dan kereta penumpang.  
Kertas Thermal Milimeter Blok Sebagai media cetak hasil pengukuran alat Weighing Device Portable, Emision Analiyzer, dan Vibrograph.  
Alat Uji Berat Sarana KA  (Weighing Device Portable)   Alat uji berat sarana di gunakan untuk mengetahui berat kosong pada sarana yang akan di uji seperti lokomotif, Kereta Yang ditarik lokomotif, Gerbong. tujuan dalam pengujian ini bermaksud untuk mengetahui Berat Gandar dalam mengaplikasikan standar Prasarananya.