Hasil Pengujian

Daftar hasil Prasarana yang telah diuji di Tahun 2018

Jalur dan Bangunan Kereta Api

 

No Pekerjaan Lokasi Obyek Uji Waktu Pelaksanaan (Bulan)
1. Hasil Tindak Lanjut Pekerjaan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Barat Tahun Anggaran 2017 Padang Jalan KA 30 Januari 2018 s.d 02 Februari 2018
 

 

No

 

Temuan

Hasil Tindak Lanjut

 

Keterangan

Belum
Terpasang/Sesuai
Sudah
Terpasang/Sesuai
1. Pada Km. 24+900 terdapat penambat hilang sebanyak 1 buah  

 √

 Selesai

2. Pada Km. 25+900 terdapat insulator hilang sebanyak 1 buah  

 √

 Selesai

3. Pada Km. 25+120 terdapat penambat hilang sebanyak 1 buah  

 √

 Selesai

4. Pada Km. 25+300 terdapat penambat hilang sebanyak 1 buah  

 √

 Selesai

5. Pada Km. 25+400 terdapat penambat hilang sebanyak 1 buah  

 √

 Selesai

6. Pada Km. 26+000 spur 2 Stasiun Duku terdapat penambat hilang sebanyak 2 buah  

 √

  Selesai

7. Pada Wesel 3 dan 5 pada Stasiun Duku masih terdapat nilai lebar antar rel yang masih kurang standar  

 √

   Selesai

8. Pada wesel 1 pada Stasiun BIM masih terdapat nilai lebar antar rel yang masih kurang standar  

  Selesai

         
         
         

 

 

 

Daftar hasil Prasarana yang telah diuji di Tahun 2018

Fasilitas Operasi Kereta Api

 

No Pekerjaan Lokasi Obyek Uji Waktu Pelaksanaan (Bulan)
1. Hasil Tindak Lanjut Pekerjaan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Barat Tahun Anggaran 2017 Padang Fasilitas Operasi 30 Januari 2018 s.d 02 Februari 2018
 

 

No

 

Temuan

Hasil Tindak Lanjut

 

Keterangan

Belum
Terpasang/Sesuai
Sudah
Terpasang/Sesuai
1.

Penamaan Peralatan

  • Panel listrik pada ruang ER Sinyal Stasiun Duku belum ada;
  • Labeling Kabel FO pada rak komunikasi blok pada ruang ER sinyal Stasiun Duku belum ada.
 

 

 

Selesai

Selesai

2.

Uji Sistem Pentanahan

  • Hasil pengukuran sistem pentahana di tower base station Padang, ER Telekomunikasi Traindistpaching Stasiun Padang,  ER Telekomunikasi Traindistpaching Stasiun Tabing, ER Telekomunikasi Traindistpaching Stasiun Duku, ER Sinyal Stasiun BIM, ER Traindistpaching Stasiun Lubukalung telah sesuai dengan spesifikasi teknis yaitu kurang dari 1 OHM;
  • Hasil Pengukuran sistem pentahanan di ER Sinyal Stasiun Duku tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yaitu 3,01 Ohm.
 

 

 

 

 

 

  

Selesai

 

 Selesai (Setelah tindak lanjut menjadi 0.93 Ohm)

3.

Uji Catu Daya

  • Pengujian backup catudaya genset dan ups di tower base station Padang,ER Telekomunikasi Traindistpaching Stasiun Padang,  ER Telekomunikasi Traindistpaching Stasiun Tabing, ER Telekomunikasi Traindistpaching Stasiun Duku, ER Sinyal Stasiun BIM, ER Traindistpaching Stasiun Lubukalung dan tower base station Lubukalung berfungsi baik.
 

 

 

 

  

Selesai

4.

Uji Sistem Persinyalan TBI

  • Akurasi pembentukan rute di Stasiun Duku dan Stasiun BIM dapat dilakukan dan berfungsi.
 

 

 

Selesai

5.

Uji Panggilan Selektif dan Radio WS (Telekomunikasi Traindistpaching)

  • Uji Panggilan selektif dan Radio WS di Stasiun Padang, Tabing, Duku, BIM dan Lubukalung berfungsi dan terdengar jelas;
  • Fungsi Switching penggunaaan microwave dan FP pada ROuter di tower base station Padang dan tower base station Lubukalung belum berfungsi;
  • Telepon di ruang elektrika mekanikal di stasiun Duku belum dilengkapi nomer ekstensi;
  • waktu yang tertera pada Radio WS belum  sesuai
 

 

 

  

Selesai

 

Selesai 

Selesai 

Selesai

6.

Uji Sistem Media Transimis Telekomunikasi Traindistpaching dan Sinyal TBI

  • Saluran Kabel FO backup pada komunikasi blok persinyalan TBI Stasiun Duku dan BIM belum terkoneksi;
  • Saluran Kabel FO Telekomunikasi Traindistpaching antara Stasiun Padang sampai Lubukalung telah sesuai dengan spesifikasi teknis yaitu maksimal redaman 0,4 Db;
  • Saluran Kabel FO antara Stasiun Duku sampai Stasiun BIM indikasi terputus pada core 15 panjang FO 2,6 KM.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai 

Selesai 

Perbaiki (ditemukan pada saat tindak lanjut pengujian)

7.

 PK/OC (Telekomunikasi Traindistpaching)

  • Indikasi panggilan Emergency  dan Normal belum ditampilkan pada display dispatcher;
  • Radio lok yang ditampilkan pada display dispatcher belum semua ditampilkan.
 

 

 

Selesai

Selesai

         
         
 

                                                                 

             

     

 

Daftar hasil Prasarana yang telah diuji di Tahun 2018

Fasilitas Operasi Kereta Api

 

No Pekerjaan Lokasi Obyek Uji Waktu Pelaksanaan (Bulan)
1.

Hasil Tindak Lanjut Pengujian Pertama Fasilitas Operasi Kereta Api CENTRALIZED TRAFFIC SUPERVISIORY (CTS) di DAOP VIII Wilayah Jawa Bagian Timur Tahun Anggaran 2017.

Surabaya Fasilitas Operasi 13 Februari-15 Februari 2018
 

 

No

 

Uraian

As Builtd Drawing

 

Keterangan

Sesuai Tidak Sesuai
 a.

Pada Rack WorkStation 2

  • Komponen Hub D-Link tidak sesuai, karena pada lapangannya komponen Hub D-Link ditemukan ada akan tetapi pada As Built Drawing tidak ditemukan komponen Hub D-Link;

 

  • Rack Busbar Grounding No.7 tidak sesuai, karena pada As Built Drawing Rack Busbar Grounding No.7 tidak diperuntukan untuk diisi namun di lapangan, Rack Busbar Grounding No.7 tersebut terisi;

 

  • Pada ODF 3 tidak sesuai dengan kondisi jumlah unit yang tergambar pada As Built dan yang terpasang pada rack berbeda;

 

  • Wiring Power Supply pada load connection dan alarm connection  tidak sesuai, karena pada lapangan Wiring Power Supply pada load connection dan alarm connection tidak ditemukan sedangkan pada As Built Drawing tidak ditemukan Wiring Power Supply.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai

 

 

Selesai

 

 

Selesai

 

 

Selesai

 b.

CTC Radio Rack (Telekomunikasi)

  • Pada ODF 24 Core sebanyak 2 unit di temukan tidak sesuai, karena pada As Built Drawing ODF 24 Core terpasang sedangkan di lapangan ODF 24 Core tidak terpasang.

 

 

 

 

 

 

  Selesai

 c.

Pada Rack Work Station 1

  • Komponen MCB 2 Pole tidak sesuai dengan kondisi jumlah unit yang tergambar pada As Built dan yang terpasang pada rack berbeda;

 

  • PC CMS Server 2 Unit ditemukan tidak sesuai, karena pada As Built Drawing PC CMS 2 Unit terpasang sedangkan di lapangan PC CMS Server 2 Unit tidak terpasang;

 

  • Adanya perbedaan data komponen list antara As Built Drawing dengan lapangan;

 

  • Kabel Grounding ditemukan tidak sesuai, karena pada As Built Drawing kabel grounding terpasang sedangkan di lapangan kabel grounding tidak terpasang;

 

  • Switch Hub Panasonic M16 port 7 dan 8 ditemukan tidak sesuai, karena pada lapangan Switch Hub Panasonic M16 port 7 dan 8 terpasang sedangkan di As Built Drawing tidak terpasang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai

 

 

Selesai

 

Selesai

 

Selesai

 

 

Selesai

 d.

Hasil Pengujian pada Stasiun Lintas Surabaya Pasar Turi - Cepu :

  • Kabel ground peralatan ditemukan tidak sesuai, karena pada As Built Drawing kabel ground perlatan terpasang sedangkan di lapangan tidak terpasang;

 

  • Part FO CPR ODF (12 Ports CPR Rack ODF) ditemukan tidak sesuai, karena pada lapangan part FO CPR ODF (12 Ports CPR Rack ODF) terpasang sedangkan pada As Built Drawing tidak terpasang;

 

  • Adanya perbedaan labeling kabel FO antara As Built Drawing dengan lapangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai

 

 

Selesai

 

 

Selesai

 e.

Uji Fungsi

  • Pengujian Pada panel display CTS terdapat temuan bahwa saat dilakukan uji lamp check pada St. Surabayan diketahui LED warna merah tidak menyala pada line 6014BT (video dan screenshoot terlampir) dan pada St. Gembong pada waktu lamp test warna kuning tidak menyala pada line antara J5732b dan wesel 5713a serta line pada 5714BT. (screenshoot terlampir), yang seharusnya menyala sesuai pada tampilan St. Surabayan dan St. Gembong;

 

  • Pengujian pada panel display CTS terdapat temuan line jalur 3 St. Kandangan indikator ID KA tidak menyala, seharusnya menyala sesuai dengan tampilan St. Kandangan;

 

  • Pengujian pada panel display CTS terdapat temuan line kuning pada 6810AT St. Tandes tidak menyala, seharusnya menyala sesuai dengan tampilan St. Tandes.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Selesai

 

 

 

 

Selesai

 

Selesai