berita terkini Berita Lainnya

UJI PERTAMA SKYTRAIN DIBANDARA SOEKARNO HATTA

27 November 2017

KEGIATAN PENGUJIAN PERTAMA SKYTRAIN DI BANDARA SOEKARNO - HATTA

Menindaklanjuti pelaksanaan pekerjaan pembangunan Automated People Mover System (APMS)  di Bandara Internasional Soekarno - Hatta (BSH) yang salah  satunya meliputi sarana perkeretaapian khusus (skytrain) disampaikan bahwa terhadap fasilitas sarana APMS BSH telah siap dilakukan pengujian oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian. sehubung dengan hal tersebut Balai Pengujian Perkeretaapian telah melaksanakan tugasnya pada tanggal 21 s/d 22 November 2017.

 

Kegiatan pengujian pertama skytrain dilaksanakan pada hari selasa tanggal 21 November untuk uji statis, sedangkan pada tanggal 22 November dilaksanakan uji Dinamis. Pengujian statis terhadap sarana perkeretaapian khusus meliputi :

1. Uji Dimensi Sarana Perkeretaapian;

2. Uji Ruang Batas sarana;

3. Pengereman Statis;

4. Temperatur Ruangan;

5. Sirkulasi Udara;

6. Kebisingan Suara didalam Kereta;

7. Intensitas Cahaya;

8. Uji Klakson;

9. Kebocoran.

Sedangkan untuk uji dinamis meliputi :

1. Pengereman secara dinamis 

2. Getaran (Ride Index);

3. Sirkulasi Udara;

4. Kebisingan Suara;

5. Temperatur.

Spesifikasi Dasar Skytrain

No.

Item

Kebutuhan

Keterangan

1

Jenis Kendaraan

AGT dengan Ban Karet

 

2

Pengarah

Dilengkapi pengarah

 

3

Pasokan Daya

750 VDC (Jenis Rel ke -3)

 

4

Rangkaian Kereta

Rangkaian 2 kereta (MC1 +MC2)

 

5

Depo AGT

1

 

6

Jalur Jalan

Jalan Beton (lebar 1 jalur 1850 mm)

 
7

Proy.Permintaan Angkutan

Min. 2.100 pphpd  (Operasi saat ini)

 
8

Route length

2,98  km

 
9

Lintasan

Elevated exclusive double track

with the emergency escape pathway

 
10

Min.Headway

5  menit

 
11

Waktu Berhenti

30  detik

 
12

Wkt. Perjalanan

< 7  menit

One Direction

13

Stasiun

5  Stasiun

 

 

Rolling Stock Specification

Description

Specification 

Dimension

Length/car

11,200 mm

Length including couplers/car

11,900 mm

Width

 2,690 mm

Height

  4,030 mm

Track gauge

  1,850 mm

Distance between guide rails

  3,200 mm

Type

Running

Rubber tire on driving road

Guide system

Side lateral guide type

Switching system

Horizontal movable guide blade type

Power supply

750 Vdc, 3rd rail (Power rigid rail)

(Horizontal side lateral collecting type)

 

Description

Specification

Load condition

Tare weight/car (without passenger)

16.5 ton

Total weight/car (full passenger)

< 28.6 ton

Axle load

14.3 ton

Train performance

Maximum speed in performance

80 km/h

Maximum speed in operation

70 km/h

Acceleration

1.0 m/s2

Deceleration

Normal : 1.0 m/s2

Emergency : 1.25 m/s2

Jerk limit

0.8 m/s3 below

Noise (internal)

85 dB(A)

Maximum gradient

60 ‰ (Rescue operation)

Minimum curve radius

30 m

 

Description

Specification

Major system

Car body material

Aluminum

Propulsion control system

IGBT VVVF inverter

Traction motor

Squirrel cage induction motor

Aux. power supply system

IGBT static inverter

Train control & monitoring system

Real time monitoring

Passenger information display system

LCD & LED display indicator

Bogie

Rubber tire Single axle bogie

Brake system

Regenerative + Pneumatic

Air conditioning system

Air duct type