Berita Terkini

Berita Lainnya 09 Februari 2021

Uji Berkala Gerbong milik PT. KAI Daop 3 Cirebon

 

BEKASI - Setelah minggu lalu melakukan beberapa pengujian sarana milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, minggu ini tim Penguji Sarana Perkeretaapian kembali ke Cirebon untuk melakukan uji berkala. Pada Uji Berkala kali ini sarana yang menjalani pengujian adalah gerbong, yang terdiri dari Gerbong Datar dan Gerbong Terbuka.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan PM No: 17 Tahun 2011 Pasal 4 menuliskan bahwa setiap Gerbong yang dioperasikan wajib memenuhi kelaikan operasi yang dibuktikan melalui pengujian. Dan kali ini Gerbong milik PT. KAI Daop 3 Cirebon menjalani Uji berkala pada gerbong terdiri dari uji statis dan uji dinamis. Saat uji berkala, penguji memastikan kondisi sarana dalam keadaan laik operasi dan sesuai dengan persyaratan teknis. Pengujian dilaksanakan dari hari Selasa (2/2) hingga Jumat (5/2).

Tim Penguji Sarana Perkeretaapian selama menjalankan pengujian tetap mengutamakan safety dan protokol kesehatan demi keselamatan dan mencegah penyebaran virus covid-19. Para Penguji Sarana diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, menggunakan helm safety, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan. Kewajiban ini menjadi bentuk tanggung jawab Balai Pengujian Perkeretaapian untuk menyelenggarakan layanan perkeretaapian yang profesional dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Hasil dari Uji Berkala yang telah dilakukan hasilnya akan dilaporkan ke direktorat sarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian yang akan menjadi syarat mendapatkan sertifikasi kelaikan sarana, yang dibuktikan dalam bentuk Sertifikat Uji Berkala dan Tanda Lulus Uji.

MENU ×