Berita Terkini

Berita Lainnya 01 April 2020

Tips Tetap Produktif Saat Diharuskan Bekerja Dirumah

Pandemik covid19 (Corona Virus Disease 2019) telah merebak keseluruh dunia tidak luput Indonesia salah satunya yang terkena yang mengakibatkan Pemerintah mengambil sikap untuk memutus mata rantai penyebaran virus dengan memberlakukan gerakan WFH (Work From Home) atau bekerja dirumah termasuk beribadah dan belajar. Untuk kebanyakan pekerja yang memiliki rutinitas bekerja di kantor, atau pelajar dan mahasiswa yang kesehariannya dihabiskan menuntut ilmu di sekolah/kampus mau tidak mau harus bisa beradaptasi. Terus berada dirumah cenderung akan membuat malas bekerja yang berakibat menurunnya produktifitas, untuk itu berikut ini ada beberapa tips agar tetap bisa maksimal bekerja selama dirumah.

 

1. Membuat List Prioritas Pekerjaan

Sama halnya dalam manajemen waktu, dengan membuat list prioritas pekerjaan akan menghindari kita dari pekerjaan yang menumpuk disaat yang bersamaan, waktu jadi tidak terbuang percuma dan efisien. Atur pekerjaan sesuai dengan skala prioritas yaitu selesaikan terlebih dahulu tugas yang memiliki deadline paling cepat dan mendesak, baru setelahnya adalah tugas-tugas yang memiliki batas waktu lebih lama.

 

2. Pilih Posisi Yang Nyaman Untuk Bekerja

Dalam bekerja tentu kita membutuhkan posisi yang nyaman untuk membuat rileks badan kita. Namun perlu diperhatikan posisi yang nyaman bukan berarti anda bekerja di atas tempat tidur karena justru itu akan menurunkan produktifitas anda. Bekerja di atas kasur akan membuat anda cepat mengantuk dan pada beberapa orang akan meningkatkan kemalasan. Pilihlah posisi seperti berada di ruangan dengan sofa dan memiliki sirkulasi udara yang baik. 

 

3. Fokus

Jika anda memiliki pekerjaan rumah seperti mencuci baju, kendaraan, atau menyapu maka selesaikan dulu pekerjaan tersebut agar bisa fokus dalam mengerjakan tugas kantor. Fokuslah pada pekerjaan kantor anda, hiraukan gangguan gangguan disekitar anda dan tekankan pada diri anda bahwa pekerjaan anda adalah tanggung jawab yang wajib diselesaikan dan anda adalah seorang profesional yang memiliki integritas tinggi.

 

4. Mengatur Waktu Untuk Bekerja, Beristirahat dan Berolahraga

Tips yang terakhir adalah kita harus bisa mengatur waktu untuk diri kita, kapan kita bekerja, beristirahat dan berolahraga. Jangan sampai kita terbuai oleh tugas kantor yang mengakibatkan seharian yang dikerjakan hanyalah pekerjaan kantor. Jika sudah masuk jam 12 siang maka istirahat sejenak badan anda, makan yang teratur dan asupan yang sehat seperti sayur, buah-buahan dan protein. Lalu lanjutkan dengan berolahraga fisik minimal 30 menit sehari untuk menjaga tubuh anda tetap sehat. perbanyak jalan kaki atau bersepeda dan jangan lupa lakukan peregangan.

MENU ×
CHAT