Berita Terkini

Berita Lainnya 08 Februari 2021

Pengujian Pertama Jalur dan Bangunan Jalur KA Lintas Stasiun Bajalinggei, Stasiun Siantar, Stasiun Tebing Tinggi, Stasiun Lidah Tanah dan Stasiun Medan

JALBANG

Tim Penguji dari Balai Pengujian Perkeretaapian telah menyelesaikan pengujian pertama jalur KA (Kereta Api) yang berada di wilayah Sumatra Utara yaitu pada Km. 15+000 – Km. 32+500 antara petak Stasiun Bajalinggei – Stasiun Siantar lintas Stasiun Tebing Tinggi – Stasiun Siantar dan Km 52+500 – Km 79+000 antara petak Stasiun Lidah Tanah – Stasiun Tebing Tinggi lintas Stasiun Medan – Stasiun Tebing Tinggi. Adapun lingkup pengujian yang dilakukan teridir dari pengujian terhadap jalan rel, wesel, Saluran drainase (dibangun menggunakan model U-ditch (precast) dan L-ditch), dinding penahan tanah / talud, dan pagar panel beton gudang hasil pekerjaan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara. Tim penguji lapangan yang turun mengikuti pedoman dasar dalam pengujian yang terdiri dari Undang-Undang nomor 23 tahun 2007, PP no 56 tahun 2009, Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2009, Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2009, Peraturan Menteri Perhubungan nomor 64 Tahun 2014, Peraturan Menteri Perhubungan nomor 60 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 30 Tahun 2011.

Tidak lupa tim penguji tetap mematuhi protokol kesehatan terkait pencegahan wabah covid-19 dengan menggunakan masker, memakai handsanitizer serta selalu menjaga jarak minimal 1 meter. Meski cuaca terik tidak menyurutkan semangat para penguji seperti yang disampaikan oleh salah satu penguji, Safmul "ini merupakan tanggung jawab kami, tidak boleh mengeluh walaupun cuaca seperti ini" yang saat itu suhu mencapai 30 drajat celcius. Jalur track KA yang melintasi perkebunan kelapa sawit dan karet ini cukup menantang, sepi karena jauh dari pemukiman warga.

MENU ×