Berita Terkini

Berita Lainnya 29 November 2020

Pengujian Pertama Fasilitas Operasi 7 Stasiun dan 1 IB di Wilayah 2 Sumatra Utara

fasop

Bekasi – Di penghujung bulan November, mendapat perintah untuk melakukan pengujian pertama 7 stasiun dan 1 IB (Intermediate Block), tim Balai Pengujian Perkeretaapian (BPUJI) langsung menerjunkan penguji ke lokasi. Tidak hanya dari tim penguji BPUJI tetapi juga dari penguji Direktorat Prasarana DJKA ikut terlibat dalam pengujian tersebut. Dengan kondisi jarak antar stasiun yang cukup jauh (mencapai total 36 Km) tentu membagi-bagi menjadi beberapa kelompok adalah cara yang paling efisien agar kesemua stasiun dan IB dapat teruji.

Stasiun yang diuji diantaranya adalah stasiun Laut Tador, stasiun Bandar Tinggi, stasiun Bahlias (Ke Arah Tanjung Balai), stasiun Perlanaan (Ke Arah Tanjung Balai) , stasiun Tanjung Gading (Ke Arah Pelabuhan), Intermediate Block (Tanjung Gading – Kuala Tanjung), stasiun Kuala Tanjung dan stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung. setiap stasiun memiliki keunikan lokasinya masing-masing, seperti stasiun Bahlias yang mana jalur kereta api nya melintasin rerimbunan pohon kelapa sawit. Atau stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung yang tepat berada di dalam pelabuhan yang berlokasi di Kabupaten Batu Bara ini.

Sesuai SOP uji pertama Fasop KA, item-item pengujian diantaranya menguji kesesuain dokumen teknis yang diterima BPUJI dengan kondisi fisik di lapangan. Selain itu juga dilakukan uji fungsi dari peraga sinyal, point machine, axle counter dan sebagainya. Kesemuanya item tersebut wajib diuji sebelum dinyatakan layak atau siap beroperasi.

MENU ×