berita terkini Berita Lainnya

Pengujian Keahlian Tenaga Pemeriksa dan Tenaga Perawatan Jalur dan Bangunan Kereta Api 8 - 10 November 2017 di Bandung

08 November 2017

 

BANDUNG – Kepala Balai Pengujian Perkeretaapian membuka kegiatan Pengujian Keahlian Tenaga Pemeriksa dan Tenaga Perawatan Jalur dan Bangunan Kereta Api. Demi mendukung zero accident di bidang perkeretaapian pada hari Rabu tanggal 8 November 2017 dilakukan Pengujian Tenaga Pemeriksa dan Tenaga Perawatan Jalur dan Bangunan Kereta Api angkatan pertama yang bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Laswi Kota Bandung. Dalam pembukaan kegiatan pengujian tersebut dihadiri oleh VP Non Railway and Certification PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Bapak Aryo Pamantjar.

“Pentingnya sertifikasi ini adalah guna memberikan pengakuan hukum, terhadap kemampuan atau kompetensi saudara dalam melaksanakan tugas-tugas Saudara sebagai tenaga pemeriksa atau tenaga perawatan prasarana perkeretapian dan memenuhi persyaratan yang diwajibkan oleh undang-undang,” jelas Kepala Balai Pengujian Perkeretaapian pada sambutannya.

Pengujian dilakukan dalam 4 tahapan tes, yakni tes teori dimana peserta diberikan soal untuk mengetahui kemampuan dalam pemahaman teori, tes wawancara dimana peserta di uji oleh tim penguji bertatap muka, tes praktek dimana peserta melakukan praktek langsung dilapangan, dan tes kesehatan dimana peserta di uji dari segi fisik, buta warna dan tes NARKOBA. Jika peserta lulus ditiap tes maka peserta mendapatkan sertifikasi sebagai Tenaga Pemeriksa atau Tenaga Perawatan Prasarana Perkeretaapian yang dikeluarkan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebagai tanda dinyatakan memiliki kompetensi di bidangnya.

Uji keahlian yang dilaksanakan saat ini diikuti oleh 210 peserta dari PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) sebagai pemohon. Pegujian keahlian tenaga pemeriksa dan tenaga perawatan jalur dan bangunan kereta api akan terus berlangsung sampai dengan hari Jumat tanggal 10 November 2017.