Berita Terkini

Berita Lainnya 15 Desember 2020

Pengujian Berkala Jembatan/Bangunan Hikmat (BH) DAOP 2 Bandung


Bekasi – Daerah Operasi (DAOP) 2 adalah salah satu Daerah Operasi Perkeretaapian Indonesia dibawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero). DAOP 2 memiliki jalur yang seluruhnya melintasi pegunungan dan dikenal sebagai DAOP yang memiliki banyak jembatan dan terowongan. Konstruksi jembatan kereta api di DAOP 2 ini berupa rangka baja dan beton.

Tim penguji Jalur dan Bangunan Prasarana Balai Pengujian Perkeretaapian telah melaksanakan pengujian berkala jembatan atau biasa disebut Bangunan Hikmat (BH) yang berada di lintas Jakarta – Padalarang dan lintas Bogor - Yogyakarta yang berlokasi di Daerah Operasi (DAOP) 2 Bandung.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor. 30 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengujian dan Pemberian Sertifikat Prasarana Perkeretaapian pada pasal 5 (lima) ayat 4 (empat) Uji berkala wajib dilakukan untuk prasarana perkeretaapian yang telah dioperasikan sesuai dengan jadwal yang ditentukan terhadap fungsi prasarana perkeretaapian yang dilakukan oleh Pemerintah dan dapat dilimpahkan kepada Badan Hukum atau Lembaga yang mendapat akreditasi Pemerintah.

Tim penguji melakukan pengujian berkala jembatan/Bangunan Hikmat (BH) sebanyak 6 BH yaitu:

  1. Jembatan Cikao dengan bentang 90 m lintas Purwakarta - Ciganea.
  2. Jembatan Cisuren dengan bentang 140 m lintas Ciganea - Sukatani.
  3. Jembatan Cilalawi dengan bentang 42 m lintas Sukatani - Plered.
  4. Jembatan Cikubang dengan bentang 300 m lintas Sasaksaat - Cilame.
  5. Jembatan Cilame dengan bentang 60 m lintas Sasaksaat - Cilame.
  6. Jembatan Beton Sungai Cikapundung dengan bentang 55 m lintas Bandung - Cikudapateuh.

Hasil dari pengujian ini akan diolah dan dikaji oleh Direktorat Prasarana Perkeretaapian guna penerbitan sertifikat kelaikan prasarana.

MENU ×