Berita Lainnya

Pengujian Berkala 184 Gerbong dan 5 Lokomotif milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) di DIVRE 3 Palembang tanggal 6 sampai 9 Agustus 2019

10 Agustus 2019

Pada tanggal 6 sampai dengan 9 Agustus 2019 tim pengujian dari Balai Pengujian Perkeretaapian melaksanakan tugas untuk menguji Lokomotif dan Gerbong sesuai dengan surat usulan yang diterima. Saat melakukan pengujian terhadap sarana yang ada, tim balai dibantu oleh tim Divre 3 Palembang. Lokasi tempat pengujian berada di Depo gerbong Tanjung muaraenim baru dan Depo Lokomotif Kertapati. Tujuan dilakukan pengujian adalah untuk mengetahui kesesuaian spesifikasi teknis sarana perkeretaapian dan fungsi komponen serta performansi operasional sarana perkeretaapian pada pengujian statis dan dinamis. Sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 64 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengujian Perkeretaapian, dalam hal ini Seksi Pengujian Sarana mempunyai tugas untuk melaksanakan Pengujian Berkala sarana perkeretaapian berpenggerak, tanpa penggerak dan peralatan khusus.

 

(kasi pengujian sarana di dalam kabin)

Pengujian PengeremanPengujian sistem pengereman menggunakan alat ukur waktu (Stopwatch), alat ukur tekanan udara (Manometer) yang dimaksudkan untuk mengetahui performansi komponen dan sistem pengereman pada saat statis yang meliputi waktu pengisian tangki pembantu dan tangki pelayanan, kebocoran tekanan angin, kepekaan control valve, dan waktu pelepasan brake cylinderPengukuran Intensitas Cahaya Pengukuran intensitas cahaya dilakukan dengan menggunakan alat Luxmeter untuk mengetahui intensitas cahaya yang ada di kabin lokomotif.

 

 

(Penguji mengajarkan cara menguji diameter roda kepada taruna)

Jumlah total sarana yang diuji 189 unit, dengan rincian 5 lokomotif dan 184 gerbong.



Berita Lainnya