Berita Terkini

Berita Lainnya 26 November 2020

Penguijan Fasilitas Operasi antara Stasiun Binjai s.d. Stasiun Besitang, Sumatera Utara

 

Bekasi - Jalur Kereta Api yang menghubungkan Stasiun Besitang dengan Stasiun Medan melalui Stasiun Besitang termasuk dalam Divisi Regional (DIVRE) I Sumatera Utara dan Aceh. Jalur ini merupakan gelombang pertama dan terakhir dari pembangunan jalur kereta api di Sumatera Utara yang dilakukan oleh Deli Spoorweg Maatschappij.

Karena jalur kereta api ini sempat ditutup dan direaktivasi kembali pada tahun 2016 oleh Kementerian Perhubungan, sehingga harus dilakukan pengujian pertama kembali agar dapat dioperasikan sesuai kebutuhan. Baik itu pengujian pertama jalur dan bangunan Kereta Api maupun fasilitas operasi Kereta Api

Tim penguji fasilitas operasi KA Balai Pengujian Perkeretaapian telah melaksanakan tindak lanjut fasilitas operasi antara Stasiun Binjai sampai dengan Stasiun Besitang serta pengujian pertama JPL dan Radio lintas Binjai – Besitang yang berlokasi di Sumatera Utara.

Pengujian pertama ini dilakukan guna untuk melihat kesesuaian antara dokumen teknis dengan fisik prasarana perkeretaapian yang terbangun serta melihat fungsi dan kehandalan prasarana. Pengujian ini wajib dilakukan untuk prasarana perkeretaapian yang telah terbangun dan siap untuk dioperasikan.

Pengujian yang telah dilakukan yaitu sistem persinyalan, telekomunikasi dan instalasi listrik perkeretaapian. Untuk Sistem persinyalan yang telah diuji meliputi uji fungsi dan uji rancang bangun peraga sinyal, pendeteksi sarana, point machine, sistem interlocking dan indikasi pelayanan PPKA. Pengujian telekomunikasi perkeretaapian yang telah diuji adalah sistem media transmisi, pesawat telepon, radio dan rekaman suara. Instalasi listrik yang telah diuji adalah sistem catu daya.

Hasil dari pengujian ini akan diolah dan dikaji oleh Direktorat Prasarana Perkeretaapian guna penerbitan sertifikat kelaikan prasarana.

MENU ×