Berita Terkini

Berita Lainnya 06 Desember 2019

Menguji Fungsi Rute Kereta Api Masuk dan Rute Kereta Api Masuk Yang Berlawanan Arah Pada Sinyal Mekanik


PERSIAPAN

  • Tenaga ahli/tenaga penguji

  • Tabel pengujian/tabel rute

  • Alat uji interlocking mekanik (pengucilan setempat, hendel, kruk) dan pesawat blok

  • Daftar pengucilan

 

TATA CARA PENGUJIAN

    • Kereta Api dari A akan masuk ke jalur II dan berhenti

    • Stasiun B menerima permintaan aman dari stasiun A

    • Stasiun B memberi "WARTA AMAN" dengan cara menekan tinggkapan "SEPUR TUNGGAL A" dan memutar induktor, sehingga tingkapan ini menjadi putih, sedangkan di A tingkapan "BLOK KE B" jadi putih

    • Stasiun A memberangkatkan KA-nya, di B tingkapan "LEWAT DI A" menjadi putih

    • Stasiun B kemudian melakukan:

menyetel wesel-wesel diarahkan ke jalur II -> membalik kruk jalur dari A ke jalur II -> membalik kruk sinyal masuk -> membalik hendel sinyal masuk ke jalur II -> membalik kruk sinyal muka -> membalik hendel sinyal muka

    • Lakukan percobaan kereta api dari C masuk ke jalur II dan berhenti dengan cara:

menyetel wesel-wesel diarahkan ke jalur II (telah pada posisi yang benar) -> membalik kruk jalur dari C ke jalur II (berlawanan arah), harus tidak dapat dilakukan

 

TATA CARA PENGGUNAAN ALAT UJI

  • Berpedoman pada daftar pengucilan pengamanan setempat

  • Dilakukan dengan cara melayani tingkapan blok, hendel wesel, kruk jalur, dan kruk sinyal sesuai petunjuk pelayanannya

  • Hasilnya dicatat dalam format yang telah ditentukan

MENU ×
CHAT