Berita Lainnya

Menguji Fungsi Rute Kereta Api Masuk dan Rute Kereta Api Berangkat yang Searah Dari Jalur yang Berbeda Pada Sinyal Mekanik

09 Desember 2019

PERSIAPAN

  • Tenaga ahli/tenaga penguji

  • Tabel pengujian/tabel rute

  • Alat uji interlocking mekanik (Lemari Mistar, Hendel, Kruk) dan pesawat blok

 

TATA CARA PENGUJIAN

    • Kereta Api dari A akan masuk ke jalur II dan berhenti

    • Stasiun B menerima permintaan aman dari stasiun A

    • Stasiun B memberi "WARTA AMAN" dengan cara menekan tinggkapan "SEPUR TUNGGAL A" dan memutar induktor, sehingga tingkapan ini menjadi putih, sedangkan di A tingkapan "BLOK KE B" jadi putih

    • Stasiun A memberangkatkan KA-nya, di B tingkapan "LEWAT DI A" menjadi putih

    • Stasiun B kemudian melakukan:

menyetel wesel-wesel diarahkan ke jalur II -> membalik kruk jalur dari A ke jalur II -> membalik kruk sinyal masuk -> membalik hendel sinyal masuk ke jalur II -> membalik kruk sinyal muka -> membalik hendel sinyal muka

    • Lakukan percobaan kereta api berangkat dari jalur I ke jurusan C:

menyetel wesel-wesel berangkat dari jalur I, harus tidak dapat dilakukan.

 

TATA CARA PENGGUNAAN ALAT UJI

  • Berpedoman pada daftar pengucilan pengamanan setempat

  • Dilakukan dengan cara melayani tingkapan blok, hendel wesel, kruk jalur, dan kruk sinyal sesuai petunjuk pelayanannya

  • Hasilnya dicatat dalam format yang telah ditentukan



Berita Lainnya