Berita Terkini

Berita Lainnya 07 Februari 2019

Mengenal Sistem Interlocking Elektronik Model Vital Processor Interlocking (VPI)

Sistem interlocking elektronik tipe vital processor interlocking (VPI) ini dibuat oleh General Railway Signal (GRS). Amerika Serikat dengan standar AAR (American Association Railroads), yang ada di Indonesia diaplikasikan oleh tiga perusahaan, yaitu:

  • Aligeme Sein Industrie (ASI) dan Nedherland Machinefabriek Alkmaar (NMA) dari Belanda

  • General Railway Signal (GRS) dari USA

  • Davy British Rail International (DBRI)

Interlocking sistem ini berbasis elektronik menggunakan mikroprosesor dengan central processor unit yang mampu secara terus-menerus melihat kondisi sistem, interface output/input menggunakan kartu-kartu yang disimpan dalam rak kecil terdiri 21 slot, dan interface relay untuk penggerak peralatan luar disusun dalam rak rele. Pada sistem interlocking elektronik ini terdapat dua bagian non-vital yang berhubungan dengan panel pelayanan (control panel) dan bagian vital yang berhubungan dengan peralatan luar seperti sinyal, wesel dan sirkuit sepur.

Pada sistem interlocking ini fungsi kontak-kontak relay, nomor sinyal, nomor wesel, sirkuit sepur, nomor jalan perlintasan dan nomor stasiun disini diubah menjadi variabel, parameter, persamaan atau data-data yang dapat diprogram dan selanjutnya diubah/kompilasi ke bahasa mesin dan disimpan dalam EPROM. Dengan demikian, kebutuhan ruangan relatif kecil, bisa menyatu dengan gedung stasiun atau dalam bentuk kontener seperti yang dibangun oleh DBRI di lintas Merak - Serpong.

Dengan sistem ini dapat dikembangkan untuk sistem kendali jarak jauh (terpusat) atau yang dikenal dengan sistem CTC (Centralized Traffic Control). Di beberapa petak jalan yang jaraknya lebih besar dari 7 km dilengkapi dengan sinyal blok antara, sebagai upaya meningkatkan kapasitas lintas.

Instalasi perkabelan dimulai dari ruang relai (RR) dihubungkan sampai ke peralatan luar terjauh yaitu sinyal muka, dan sirkuit sepur yang digunakan bervariasi, terjauh sampai dengan sinyal masuk dan petak blok menggunakan penghitung-gandar, dan seluruh bagian rel di emplasemen dan petak jalan. Instalasi sirkuit sepur untuk pendeteksi bakal pelanting yang diaplikasikan oleh ASI/NMA dan GRS 5 VDC, sedangkan DBRI dengan audio-frekuensi untuk di emplasemen dan penghitung gandar (axle counter) untuk petak blok.

Instalasi sistem persinyalan elektronik VPI yang diaplikasikan oleh ASI/NMA, GRS, dan DBRI peralatan pendukung telekomunikasinya bermacam-macam model dan produk, namun peralatan ini harus memenuhi spesifikasi persinyalan guna tercapainya kendali jarak jauh. Sistem persinyalan VPI ini cocok untuk stasiun kecil dan sedang, setiap stasiun hanya terdapat satu interlocking.

MENU ×