Berita Terkini

Berita Lainnya 28 Mei 2020

Mengenal SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) DKI Jakarta

image

Bekasi - Akses untuk keluar masuk ibukota kini wajib memiliki SIKM (Surat Izin Keluar Masuk), instruksi tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (PerGub) nomor 47 Tahun 2020 yang dikeluar oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. SIKM dibuat untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dan para petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta dalam upaya mengurangi rantai penularan covid-19. Syarat SIKM wajib dipenuhi masyarakat agar menekan kemungkinan masuknya kasus baru Covid-19 di Jakarta bersamaan dengan arus balik Lebaran,

Untuk mengurus SIKM Bagi yang ber-KTP diluar bodetabek (bogor,depok,tangerang,bekasi) persiapkan:

  1. Surat keterangan dari kelurahan/desa asal
  2. Surat pernyataan sehat bermeterai
  3. Surat Keterangan Bekerja di DKI Jakarta dari tempat kerja (untuk perjalanan berulang)
  4. Surat Tugas/Undangan dari instansi/perusahaan tempat bekerja di Jakarta
  5. Surat jaminan bermeterai dari keluarga atau tempat kerja yang berada di Provinsi DKI Jakarta yang diketahui oleh Ketua RT setempat (untuk perjalanan sekali)
  6. Surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta untuk pemohon dengan alasan darurat
  7. Pas foto berwarna
  8. Pindaian KTP

Warga yang ber-KTP bodetabek tidak perlu mengurus SIKM untuk masuk ke Jakarta dan perlu diingat bahwa SIKM yang diterbitkan hanya berlaku untuk 1 orang pemohon saja.

Berikut ini langkah-langkah permohonan perizinan SIKM..

Pertama-tama pemohon mengunjungi website corona.jakarta.go.id Lalu Pilih Urus Izin kemudian pemohon akan diarahkan ke laman JakEVO. Persiapkan berkas persyaratan terlebih dahulu sebelum memulai permohonan perizinan, kemudian isi formulir permohonan dan unggah seluruh berkas persyaratan sesuai dengan format yang diminta.

Kedua, JakEVO akan mengirimkan email kepada penjamin atau penanggung jawab untuk melakukan validasi atas permohonan yang diajukan oleh pemohon. Jika penjamin bersedia menjamin pemohon dan terikat dengan peraturan perundangan maka permohonan akan dilanjutkan permrosesannya.

Ketiga, Petugas DPMPTSP Pemerintah DKI Jakarta melakukan penelitian administrasi dan penelitian teknis permohonan perizinan.

Keempat, Jika permohonan perizinan SIKM disetujui dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang. JakEVO akan mengirimkan surat elektronik ke email pemohon yang berisikan pemberitahuan SIKM telah diterbitkan disertai tautan untuk mengunduh SK Izin Keluar-Masuk Jakarta. Pemohon dapat mencetak izin secara mandiri.

Pemohon diharapkan agar rutin memeriksa SIKM yang telah diajukan. Apabila formulir permohonan SIKM dinyatakan lengkap, SIKM akan diterbitkan secara elektronik dalam bentuk QR-code. Dalam permohonan pembuatan SIKM ini sama sekali tidak dipungut biaya. Bila tidak memiliki SIKM namun sudah terlanjur tiba di Jakarta maka akan diarahkan untuk memutar arah kembali ke tempat asal perjalanan atau kemungkinan lainnya adalah akan dilakukan karantina selama 14 hari di tempat yang sudah ditunjuk oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

 

informasi didapat melalui:

covid19.go.id

corona.jakarta.go.id

MENU ×