Berita Terkini

Berita Lainnya 15 April 2020

Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh Yang Mudah Kita Temui

Bekasi - Sistem kekebalan tubuh atau yang biasa disebut dengan sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama, bertujuan melindungi tubuh dari serangan virus, parasit, jamur, dan bakteri jahat yang dalam satu hari saja bisa mencapai lebih dari 900 ribu jenis menyerang tubuh manusia. Kuman tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh jika sistem imun tubuh lemah atau menurun. Salah satu penyakit infeksi paru-paru yang mudah menyerang tubuh manusia saat kekebalan tubuhnya lemah adalah COVID-19 atau kita kenal sebagai virus corona.

Ada bermacam cara simpel yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya dengan menjaga pola makan yang sehat. Banyak jenis makanan yang berhasiat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, apa saja? Berikut rangkuman selengkapnya.

1. KUNYIT

Selain berguna untuk menyedapkan masakan kunyit juga memiliki manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan. Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek anti radang poten. Kurkumin mampu mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar histamin dan meningkatkan kortison alami. Manfaat lainnya dari kunyit yaitu dapat mengobati nyeri akibat maag dan haid, mengempiskan perut kembung, meredakan IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB kronis, mengobati diare akibat keracunan makanan, mampu melawan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi fungus atau jamur dan bakteri. Analgesik yang terdapat dalam kunyit dapat Meredakan demam akibat infeksi oleh virus.

2. JAHE

Jahe dapat kita jumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia, dijual di pasar-pasar baik dalam bentuk batangan maupun sudah menjadi bubuk halus. Manfaat jahe adalah kandungannya yang mampu mengobati peradangan di dalam tubuh manusia, mengurangi rasa sakit, mencegah kanker, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan produksi insulin.

3. CITRUS

Citrus dapat disebut sebagai marga untuk buah-buah seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, lemon, dan jenis jeruk lainnya. Didalam buah Citrus banyak terkandung vitamin C, kalium, antioksidan, folat, serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Menurut penelitian yang telah dilakukan, nutrisi buah citrus melindungi tubuh dari kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker. selain itu Vitamin C yang terdapat didalamnya juga membantu membangun sistem imun tubuh, meningkatkan produksi sel darah putih untuk memerangi infeksi yang terjadi didalam tubuh.

4. BROKOLI

Brokoli adalah sayuran yang kaya manfaat, memiliki kandungan antioksidan yang sangat besar. Sayuran yang termasuk kultivar italica ini juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin D, vitamin K, vitamin A, folat, potasium, mangnesium, kaempferol dan banyak lainnya. Mengkonsumsi sayur brokoli dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meredakan peradangan, serta membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan jantung. Mampu menetralkan dan menghilangkan zat-zat kimia yang tidak baik untuk tubuh.

5. YOGHURT

Yoghurt adalah makanan hasil fermentasi dari susu yang ditambahkan bakteri lactobacillius bulgaricus sehingga menghasilkan bakteri asam laktat dan asam asetat yang membuat rasa asam dengan tekstur seperti gel. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk juga sari kacang kedelai. Yoghurt kaya akan probiotik yaitu bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia dan mencegah infeksi bakteri jahat penyebab diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA. Dengan konsumsi 400 gram yoghurt dalam sehari, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu gizi penting yang terdapat dalam yoghurt dapat meningkatkan sel darah putih yang berperan dalam melawan penyakit di dalam tubuh kita.

MENU ×