Berita Terkini

Berita Lainnya 09 Februari 2021

Lokomotif, Kereta, dan KRD Milik PT. KAI Daop 4 Semarang Menjalani Uji Berkala

 

BEKASI - Pada Selasa (2/2) hingga Jumat (5/2) Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian melaksanakan pengujian berkala untuk sarana milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang. Pengujian berkala ini dilaksanakan setelah Balai Pengujian Perkeretaapian menerima surat penugasan dari Direktorat Sarana Perkeretaapian.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan PM No: 13 Tahun 2011 Pasal 1 ayat (6) dijelaskan bahwa pengujian sarana perkeretaapian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kesesuaian antara persyaratan teknis dan kondisi dan fungsi sarana perkeretaapian. Untuk pengujian yang dilakukan pada minggu ini merupakan uji berkala yang wajib dilaksanakan setiap sarana menempuh jarak 162.500 km atau setiap 1 tahun tahun.

Sarana yang diuji dalam pengujian berkala kali ini terdiri dari Lokomotif, Kereta, dan juga ada KRD yang masih aktif dioperasikan di Daop 4 ini. Untuk uji statis dilaksanakan di Dipo Lokomotif Semarang Poncol dan Dipo Kereta Semarang Poncol, sedangkan untuk uji dinamis dilaksanakan di lintas Stasiun Semarang Poncol hingga Stasiun Kalibodri.

Dalam setiap pengujian berkala sarana, tidak hanya memastikan aspek keselamatan sebuah sarana tapi aspek kenyamanan juga diperhatikan. Salah satunya dengan dilakukannya uji kebisingan di dalam kereta saat kereta sedang berjalan. Penguji Sarana Perkeretaapian Sodikin menjelaskan Pengujian itu menggunakan alat uji bernama sound level meter. "Caranya tinggal mengaktifkan alat tersebut saat kereta berjalan untuk mengukur tingkat kebisingan, dan standar maksimalnya adalah 85 dBa" ujar Sodikin.

Hasil pengujian yang telah dilakukan oleh tim Penguji Sarana Perkeretaapian ini akan disampaikan kepada Direktorat Sarana Perkeretaapian untuk dianalisis serta diproses guna penerbitan sertifikat uji berkala dan tanda lulus uji.

MENU ×