Berita Terkini

Berita Lainnya 26 Februari 2021

Lokomotif dan Kereta Milik PT. KAI Daop 6 Yogyakarta Menjalani Uji Berkala

 

BEKASI -  Sejak Selasa (23/7) hingga Jumat (26/7) Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian berkunjung ke kota Yogyakarta dan Solo untuk memenuhi permohonan uji berkala sarana milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta.

Uji berkala kali ini dilaksanakan di dua kota berbeda karena PT. KAI Daop 6 Yogyakarta memiliki dua lokasi Dipo Sarana yaitu di Yogyakarta dan Solo. Dalam setiap pengujian berkala, dilaksanakan uji statis dan juga uji dinamis. Uji statis dilakukan Dipo Lokomotif dan Dipo Kereta Yogyakarta serta Dipo Lokomotif dan Dipo Kereta Solo Balapan. Sedangkan untuk uji dinamis dilaksanakan pada lintas Solo Balapan - Kemiri PP dan Yogya - Rewulu PP.

Sarana yang menjalani uji berkala adalah lokomotif dan kereta. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM No: 13 Tahun 2011 Pasal 1 ayat (6) sarana yang wajib melakukan uji berkala adalah sarana yang telah menempuh jarak 162.500 km atau setiap 1 tahun. Menurut Penguji Sarana Perkeretaapian Dimas Bayu dalam pengujian kali ini ada beberapa sarana yang tidak dioperasikan atau dimutasi ke wilayah tertentu dikarenakan penurunan jumlah penumpang akibat pandemi covid 19. "Sarana yang tidak dioperasikan akan menjalani konservasi sementara, dan apabila sudah dicabut konservasi sementara nya wajib menjalani perawatan sebelum dioperasikan kembali" ujar Dimas.

Hasil pengujian yang telah dilakukan oleh tim Penguji Sarana Perkeretaapian ini akan disampaikan kepada Direktorat Sarana Perkeretaapian untuk dianalisis serta diproses guna penerbitan sertifikat uji berkala dan tanda lulus uji.

MENU ×