Berita Lainnya

Koordinasi Pengelolaan Website dan Pembahasan Progres Pembangunan Portal Web Aplikasi (Integrasi Aplikasi & E-Office)

17 Oktober 2019

Bogor - Bertempat di kota Bogor, tim PPID Balai Pengujian Perkeretaapian menghadiri kegiataan koordinasi pengelolaan website dan pembahasan progres pembangunan portal web aplikasi. Dengan tujuan melakukan evaluasi dan integrasi aplikasi yang ada pada masing-masing unit kerja di lingkungan Ditjen Perkeretaapian (e-mail, website, persuratan, aplikasi umum, dan aplikasi khusus) guna efisiensi dan efektif. Memudahkan pimpinan dan pegawai Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam melakukan kegiatan perkantoran sehari-hari sesuai tugas dan fungsi termasuk penyediaan database untuk memberikan informasi dan data bidang perkeretaapian yang lengkap dan update (peta/data spasial, statistik, dll) yang dapat memudahkan kegiatan monitoring, pemantauan, dan evaluasi serta pelaksanaan kegiatan strategis. Merujuk pada dasar hukum yang ada, yaitu PM Perhubungan Nomor KP 39 Tahun 2009 tentang Rencana Induk Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 738 Tahun 2014 tentang Kebijakan Dan Standar Siklus Pengembangan Sistem Informasi Di Lingkungan Kementerian Perhubungan dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 784 Tahun 2016 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan aplikasi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam satu portal aplikasi sehingga memudahkan dalam mengakses, mengelola, memperoleh data/informasi serta melakukan maintenance semua aplikasi termasuk mendukung administrasi perkantoran yang ada di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian. 4 tujuan yang ingin dicapai dari terselenggaranya kegiatan ini antara lain, menyajikan aplikasi-aplikasi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam 1 tampilan portal untuk mempermudah akses dan pelaporan data/informasi, mempermudah dalam pengelolaan, pengembangan dan maintenance termasuk backup aplikasi-aplikasi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, menyediakan dashboard pimpinan dalam pembinaan dan pengawasan serta pengambilan keputusan/kebijakan pimpinan dan meningkatkan kinerja organisasi dalam pengelolaan administrasi perkantoran untuk mendukung terwujudnya good governance.

Lingkup portal web aplikasi pada fase pertama yaitu:

  • Integrasi aplikasi dan database dalam satu portal web Ditjen Perkeretaapian (Sistem Informasi Sertifikasi SDM Perkeretaapian secara Elektronik, Perizinan Online, Posko Angkutan Lebaran dan Natal Tahun Baru, Angkutan Motor Gratis, Monitoring Pembangunan, Perawatan & Pengoperasian Prasarana Perkeretaapian/MOP5, Database Studi Ditjen Perkeretaapian, Dashboard Pimpinan,  dan lainnya)

  • Implementasi e-Office / e-government untuk aktifitas perkantoran (persuratan, disposisi, laporan pimpinan, dll)

  • Komunikasi intern dan eksternal stakeholders bidang perkeretaapian

Acuan yang menjadi dasar dalam pembuatan website Direktorat Jenderal Perkertaapian adalah Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, bahwa pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses pemerintahan akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan memiliki tujuan memberikan keterbukaan informasi publik, memberikan informasi ter-update terkait perkeretaapian, sebagai media penghubung/interaksi antara instansi pemerintah dengan masyarakat termasuk  komunikasi capaian/hasil pembangunan dan penyampaian aspirasi, media pelayanan masyarakat/publik secara online, media terpercaya karena website dikelola langsung dari Pemerintah, dan dapat menjadi tolak ukur kinerja Pemerintahan.



Berita Lainnya