Berita Terkini

Berita Lainnya 01 Februari 2021

Kereta dan Gerbong milik PT. KAI DAOP 1 Jakarta Menjalani Pengujian Berkala

BEKASI - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta memiliki banyak sarana yang beroperasi melayani penumpang dan angkutan barang setiap harinya, baik dari dan menuju Jakarta. Kelaikan sarana merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditinggalkan, dan untuk memastikan sarana tetap laik operasi maka Balai Pengujian Perkeretaapian melakukan pengujian berkala pada sarana milik PT. KAI DAOP 1 Jakarta.

Sesuai dengan surat permohonan yang diterima, Tim Penguji Sarana perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian menguji kereta dan gerbong. Pengujian tersebut dilaksanakan pada beberapa tempat diantaranya di Pengawas Urusan Gerbong (PUG) Nambo, Dipo Sarana Rangkasbitung, dan di PUK Jakarta Manggarai mulai hari Selasa (26/1) hingga Jumat (29/1).

Balai Pengujian Perkeretaapian dalam penugasan kali ini menugaskan Tim Penguji Sarana Perkeretaapian yang bekerja secara paralel di beberapa tempat di DAOP 1, termasuk Kepala Seksi Pengujian Sarana Perkeretaapian Yohary Baruna.

Uji berkala seperti biasa dilakukan dengan dua cara yaitu Uji Statis dan Uji Dinamis. Salah satu item pengujian saat uji statis yang terdokumentasikan dalam foto di atas adalah pengukuran diameter roda menggunakan wheel diameter. Pengukuran ini wajib dilakukan, untuk memastikan bahwa diameter roda sudah sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan untuk setiap tipe sarana.

MENU ×