Berita Terkini

Berita Lainnya 29 Januari 2021

BPUJI Melaksanakan Pengujian Berkala Sarana Milik PT. Kereta Api Indonesia DAOP 3 Cirebon

 

BEKASI - Tim Penguji Sarana Balai Pengujian Perkeretapian melakukan pengujian berkala pada sarana milik PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 3 Cirebon. Sarana yang diuji dalam kesempatan kali ini adalah lokomotif, kereta, dan gerbong. Pengujian itu dilaksanakan setelah Balai Pengujian Perkeretaapian mendapatkan surat permohonan pengujian sarana.

Tim penguji sarana dari Balai Pengujian Perkeretaapian dibantu oleh tim dari PT. Kereta Api Indonesia DAOP 3 Cirebon melaksanakan pengujian dari Selasa (26/1) hingga Jumat (29/1). Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 13 Tahun 2011 Pasal 1 ayat (6) dijelaskan bahwa pengujian sarana perkeretaapian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kesesuaian antara persyaratan teknis dan kondisi dan fungsi sarana perkeretaapian.

Uji berkala yang terdiri dari uji statis dan uji dinamis dilaksanakan di Dipo Lokomotif Cirebon dan Stasiun Cirebon. Dalam uji statis yang dilakukan pada sarana lokomotif, salah satu item pengujiannya adalah uji emisi gas buang. Dalam prosesnya, Tim Penguji Sarana menggunakan alat bernama emision analyzer. Alat tersebut dipasang di badan lokomotif kemudian sensor analyzer ditempatkan ke dalam cerobong pembuangan gas buang lokomotif dan dalam waktu 5 menit hasil uji emisinya sudah bisa langsung diprint melalui alat tersebut.

Hasil dari Uji Berkala yang telah dilakukan hasilnya akan dilaporkan ke direktorat sarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian yang akan menjadi syarat mendapatkan sertifikasi kelaikan sarana, yang dibuktikan dalam bentuk Sertifikat Uji Berkala.

MENU ×