Berita Terkini

Berita Lainnya 11 Februari 2021

BPUJI Hadiri Bimbingan Teknis Pengisian Penilaian Prestasi Kinerja PNS Menggunakan Aplikasi E-LAPKIN SAPK BKN Dan AP2KP

elakipBekasi - Bertempat di Kota Bogor, Jawa Barat staf dari Balai Pengujian Perkeretaapian menghadiri acara bimbingan teknis (Bimtek) mengenai tata cara dan langkah-langkah pengisian penilaian prestasi kinerja untuk PNS utamanya di lingkungan Kementerian Perhubungan dengan menggunakan aplikasi E-Lapkin SAPK BKN dan AP2KP. Tentu selama acara berlangsung panitia dan peserta selalu mematuhi prosedur kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sebelum dimulai seluruh peserta diwajibkan melakukan Rapid Antigen, dilanjutkan dengan menunggu hasil jika negatif maka peserta dapat masuk ke dalam ruangan. Diwajibkan kepada para peserta agar memakai masker dan mencuci tangan, serta tidak lupa menjaga jarak.

Acara seremonial pembukaan Kegiatan dipimpin oleh Bapak Prih Galih selaku Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum, dan dimoderatori oleh Bapak Untung Margono. Untuk paparan tata cara input data penilaian prestasi kinerja PNS pada aplikasi e-Lapkin SAPK BKN oleh Narasumber Ibu Diny Febrianti dari Biro Kepegawain dan Organisasi. Paparan Aplikasi Penilaian Prestasi Kinerja ASN (Struktural, Pelaksana dan Jabatan Fungsional Tertentu) oleh narasumber dari Badan Kepegawaian Negara. Paparan Aplikasi Penilaian Prestasi Kinerja (AP2KP) untuk PNS, CPNS, dan Penyetaraan Jabatan Struktural ke JFT oleh narasumber dari Pustikomhub.

Belum mendapatkan surat terkait pelaporan PPK dan sosialisasi aplikasi E-Lapkin, belum tersedianya sistem informasi kinerja PNS merupakan banyak sebab belum optimalnya laporan kinerja PNS. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah SI (Sistem Informasi). Setidaknya ada 3 manfaat Sistem Informasi bagi kinerja ASN, diantaranya mengukur dan memantau kinerja ASN secara periodik, sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai dan memetakan kinerja PNS dalam rangka merit system.

MENU ×