Berita Terkini

Berita Lainnya 03 Oktober 2020

Awal Oktober, 44 Unit Sarana Milik PT KCI Dilakukan Pengujian

xxxx

Bekasi - Pada bulan Oktober ini, Balai Pengujian Perkeretaapian mendapat tugas untuk melakukan pengujian terhadap sejumlah sarana KRL milik PT KCI, Berlokasi di Depo KRL (Kereta Rel Listrik) yang beralamat di Jl. Kp. Rawageni No.26, Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat. Sedikit cerita mengenai Depo KRL ini, dengan luas sekitar 26 hektare, 14 jalur stabling, 11 jalur perawatan dan mampu menampung 336 unit sarana menjadikan Depo terbesar yang berada di Asia Tenggara, Salah satu fungsinya adalah sebagai tempat perawatan, perbaikan, dan stabling sarana KRL Jabodetabek. Fasilitasnya pun terbilang cukup lengkap seperti mess griya karya untuk para masinis, ruang edukasi, contoh wujud nyata KRL untuk peragaan kepada masyarakat umum, ruang simulator KRL hingga ruang kesehatan.

Tim penguji dari BPUJI yang diturunkan berjumlah 5 orang dengan dibantu oleh tim dari Ditsar DJKA, pengujian statis dan dinamis yang dilakukan terhadap 4 TS (trainset) KRL atau mencapai total 44 unit sarana membutuhkan waktu setidaknya selama 4 hari, Dengan pembagian perhari full pengujian per-1 TS (statis dan dinamis). Perlu diketahui jumlah unit sarana per-1 TS atau rangkaian KRL yang diuji berbeda-beda, dan untuk kali ini paling sedikit per-1 TS adalah 10 unit sarana dan paling banyak adalah 12 unit sarana per-1 TS.

"kita lakukan pengujian statis terlebih dahulu, seperti yang terlihat, melakukan pengukuran terhadap roda-roda KRL, alat perangkai (coupler), intensitas cahaya dsb" ujar Dimas, salah satu penguji dari BPUJI. "jika tinggi alat perangkai tidak sesuai dengan peraturan, maka kita cek dulu dengan menggunakan waterpass untuk relnya, apakah rata atau tidak" menutup pendapatnya mengenai kendala yang biasanya terjadi ketika dilakukan pengujian statis.

MENU ×