Berita Terkini

Berita Lainnya 19 Sepember 2020

179 Taruna dan Taruni PPI (Politeknik Perkeretaapian Indonesia) Lakukan Pengujian Kompetensi

rapat
 
Bekasi - Pada kesempatan pengujian kompetensi kali ini, dibuka secara langsung oleh Kepala Balai Pengujian Perkeretaapian, Yuwono Wiarco dan Direktur Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI), Amirullah. PPI yang berlokasi di Jl. Tirta Raya, Nambangan Lor, Manguharjo, Madiun, Jawa Timur, Indonesia ini memiliki empat (4) program studi yang terdiri dari Diploma III Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Diploma III Teknik Mekanika Perkeretaapian, Diploma III Teknik Elektro Perkeretaapian, dan Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian. PPI sendiri optimis hingga tahun 2030 dapat menghasilkan 78.740 sumber daya manusia (SDM) secara khusus di bidang perkeretaapian yang berkualitas dengan standar internasional. Dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS), di tahun 2030, perkeretaapian nasional membutuhkan hampir 1.720 orang regulator yang terdiri atas perencanaan, pengujian, inspektorat dan auditor. Selain itu juga membutuhkan 78.740 orang SDM operator yang terdiri atas perencana, pemeriksa dan perawat. Fasilitas yang dimiliki PPI cukup lengkap, terdapat 2 asrama putra dengan kapasitas 160 taruna, 1 asrama putri (80 taruni), 20 kelas (735 taruna / taruni), 1 ruang rektorat (100 orang), 1 aula (2.500 orang), 1 laboratorium komputer ( 30 orang), 1 stasiun simulasi (24 orang), 1 laboratorium outdoor LAA (60 orang), 1 laboratorium simulasi sarana (12 orang), 1 laboratorium alat simulasi sarana (24 orang), 1 laboratorium alat simulasi sintelis (12 orang), 1 laboratorium alat pengujian sarana (14 orang), 1 simulator CTC (24 orang), 2 audio visual (120 orang), 2 lapangan bulutangkis (8 orang), 1 lapangan upacara (300 orang), 1 ruang makan (600 orang), 1 workshop (300 orang), 1 tempat ibadah (250 orang), dan 1 poliklinik (15 orang).
 
 
 
Kompetensi yang diujikan kepada para Taruna dan Taruni PPI antara lain : uji kompetensi Awak Sarana Perkeretaapian , uji kompetensi Tenaga Perawatan Sarana Perkeretaapian, uji kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Perkeretaapian, uji kompetensi Tenaga Perawatan Jalur & Bangunan KA, uji kompetensi Tenaga Pemeriksa Jalur & Bangunan KA, uji kompetensi Tenaga Perawatan Fasilitas Operasi KA, dan uji kompetensi Tenaga Pemeriksa Fasilitas Operasi KA dengan total peserta sebanyak 179 orang. Meski para peserta yang diuji masih berstatus mahasiswa/i, SOP pengujian kompetensi (peraturan, syarat kelulusan, urutan pengujian dsb) yang dilaksanakan tetap sama sesuai aturan PM yang berlaku.
 
 
Asesor yang ditunjuk sebagai penguji adalah mereka-mereka yang telah berpengalaman di bidang perkeretaapian baik itu di sarana seperti awak sarana perkeretaapian, tenaga perawatan, tenaga pemeriksa maupun prasarana seperti tenaga pemeriksa jalur dan jembatan, fasilitas operasi perkeretaapian dan sebagainya. Dengan dilakukannya pengujian kompetensi SDM ini diharapkan para Taruna dan Taruni PPI mampu meningkatkan kemampuan mereka dan dapat bersaing di dunia perkeretaapian.
MENU ×